Pengertian Sistem Informasi

Hai sahabat blogger, di artikel pertama yang akan saya buat ini akan menjelaskan tentang apa itu Sistem Informasi, langsung saja ke penjelasan dibawah ini.


Hasil gambar untuk sistem informasi

    Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama suatu organisasi. Informasi adalah data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna. Jadi pengertian Sistem informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.
     Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.
     Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

Cara memperoleh data atau informasi :

  1. Observasi
  2. Kuisioner
  3. Wawancara
  4. Kejadian/event
  5. Pemodelan
Contoh memperoleh informasi dengan cara pemodelan adalah simulation, pemodelan simulation adalah suatu cara untuk mendapatkan suatu data atau informasi dengan tidak turun langsung kelapangan, dengan kata lain melakukan simulasi. Sebagai contoh simulasi pesawat terbang, pasti orang yang pertama kali belajar menerbangkan pesawat tidak dipebolehkan untuk menerbangkan pesawat yang asli, karena akan beresiko, maka dia harus melakukan simulasi pesawat terbang dulu.

Karakteristik (kualitas) informasi yang baik :
  1. Timeliness ( informasi yang ada harus tepat waktu, tersedia saat dibutuhkan )
  2. Accuracy ( informasi yang ada harus akurat atau teliti )
  3. Reduced Uncertainty ( informasi ketidakpastiannya harus diperkecil )
  4. Kualitas Visualisasi ( hardcopy, display-monitor, audionya harus dalam kualitas yang baik )
Berikut ini adalah tipe-tipe laporan :
  1. Laporan periodik
  2. Laporan indikator kunci
  3. Laporan berdasarkan permintaan ( on-recall report )
  4. Laporan khusus
  5. Laporan penyimpangan ( exception report )
Cara merepresentasikan laporan :
  1. Narasi
  2. Tabel
  3. Grafik dan Gambar
  4. Kombinasi
  5. Kertas ( hardcopy ) 
Demikian penjelasan singkat tentang sistem informasi, sekian dan terima kasih karena sudah membaca artikel saya ini.

SUMBER :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Sistem Informasi

Pendekatan Perancangan Terstruktur Sistem Informasi

Abstraksi, Struktur dan Model Basis Data