Abstraksi, Struktur dan Model Basis Data


Abstraksi data adalah tingkatan-tingkatan pengguna dalam melihat bagaimana sebenarnya data diolah dalam sebuah sistem basis data. Seringkali DBMS menyembunyikan detail tentang bagaimana sebuah data disimpan dan dipelihara (diolah) dalam sebuah sistem basis data, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan DBMS tersebut.

Ada 3 (tiga) tingkatan atau level dalam abstraksi data ini :
1. Level Fisik (Physical Level)
Level abstraksi data yang paling rendah, yang menggambarkan bagaimana (how) data disimpan dalam kondisi sebenarnya. Level ini sangat kompleks karena struktur data dijelaskan secara rinci.

2. Level Konseptual (Conceptual Level)
Level ini menggambarkan data apa (what) yang disimpan dalam database dan menjelaskan bagaimana hubungan antar datanya secara keseluruhan. Seorang pengguna dalam level ini dapat mengetahui bahwa data mahasiswa disimpan pada tabel mahasiswa, tabel krs, tabel transkrip dan lain sebagainya. Level ini biasa di pakai oleh seorang Database Administrator (DBA).

3. Level Pandangan (View Level)
Ini merupakan level yang tertinggi, hanya menggambarkan sebagian saja dari keseluruhan database sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya : Bagian keuangan hanya membutuhkan data keuangan, jadi yang digambarkan hanya pandangan terhadap data keuangan saja, begitu juga dengan bagian akuntansi, hanya membutuhkan data akuntansi saja. Jadi tidak semua pengguna database membutuhkan seluruh informasi yang terdapat dalam database tersebut.


Struktur basis data adalah cara data diatur atau diurut agar pemrosesan data lebih mudah dilakukan. Struktur basis data meliputi file, table, field, record indeks, abstraksi data dan serangkaian konsep yang digunakan untuk membuat deskripsi struktur basis data.


Macam-macam model struktur basis data :
1.  Model Hirarki
     Model ini menggunakan konsep orang tua dan anak, maksudnya setiap orang tua bisa memiliki 1 anak (One to One) ataupun beberapa anak (One to Many), tetapi anak hanya memiliki 1 orang tua. seperti contoh plat kendaraan dibawah ini. Artinya suci bisa memiliki 1 plat kendaraan atau lebih, tetapi 1 plat kendaraan tidak bisa memiliki lebih dari 1 orang yang bernama suci.


2.  Model Jaringan
     Model ini menggunakan konsep yang hampir sama dengan model hirarki, hanya saja yang membedakannya didalam model ini mempunyai konsep beberapa anak bisa memiliki beberapa orang tua (Many to Many).


3.  Model Relasional
     Model ini menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua (relasi), dengan masing-masing relasi tersusun atas record dan atribut. Relasi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghilangkan kemubaziran data dan menggunakan Field Kunci (Primary Key) untuk berhubungan dengan relasi lain.

Pengertian Degree dan kardinalitas :
1. Derajat
    Derajat dari suatu relasi (
Degree of relation) adalah banyaknya atribut pada suatu relasi. Relasi PEGAWAI yang mempunyai 5 atribut berarti mempunyai derajat lima, dimana setiap tupelnya mempunyai 5 nilai.

2. Kardinalitas
    Kardinalitas dari suatu relasi (
Cardinality of relation) adalah banyaknya tuple pada suatu relasi. Kardinalitas dari relasi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan yang terjadi pada relasi.

Sumber :
1.  https://hendri83.wordpress.com/2012/09/16/abstraksi-data/
2.  https://hayda25.blogspot.com/2017/08/struktur-basis-data-konsep-basis-data.html
3.  http://wawcvb.blogspot.com/2010/04/sistem-basis-datarelasi-attribut-tupel.html

Komentar

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Well over 160,000 men and women are utilizing a easy and SECRET "liquid hack" to lose 1-2lbs each night while they sleep.

    It's scientific and it works every time.

    Here's how to do it yourself:

    1) Go grab a drinking glass and fill it up with water half glass

    2) Then do this amazing HACK

    and you'll be 1-2lbs thinner the next day!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Sistem Informasi

Pendekatan Perancangan Terstruktur Sistem Informasi