Manajemen Proyek Perangkat Lunak


Manajemen Proyek Perangkat Lunak terdiri dari beberapa kata yaitu Manajemen, Proyek, dan Perangkat Lunak. Berikut adalah penjelasannya.

1.  Manajemen
      Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

2.  Proyek
       Proyek merupakan usaha sementara, temporer, dan bukan permanen yang memiliki sasaran khusus dengan waktu pelaksanaan yang tegas. Dalam perancangan perangkat lunak, proyek merupakan sekumpulan file dan folder yang berisi program, kode sumber, file konfigurasi dan data-data lainnya yang membentuk sebuah program komputer.

3.  Perangkat Lunak
       Perangkat lunak atau peranti lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah suatu proses perencanaan rekayasa perangkat lunak yang bersifat sementara secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Mengerjakan sebuah proyek perangkat lunak terbilang cukup sulit dibandingkan dengan mengerjakan proyek rekayasa lainnya karena tingkat kegagalan yang sangat tinggi. Proyek mengambil lebih banyak waktu dan uang untuk melaksanakan daripada yang diantisipasi atau sistem selesai tidak bekerja dengan benar. Ketika suatu proyek tesebut tidak memenuhi harapan atau memakan biaya terlalu banyak untuk mengembangkannya dan sistem mungkin tidak dapat memecahkan masalah yang itu dimaksudkan. Pengembangan sistem baru harus hati-hati dikelola dan diatur, dan cara proyek dijalankan mungkin menjadi faktor yang paling penting yang mempengaruhi hasilnya. Itulah mengapa penting untuk memiliki beberapa pengetahuan tentang mengelola proyek dan alasan mengapa mereka berhasil atau gagal dan juga hasil dari sebuah proyek perangkat lunak itu tidak tampak secara fisik.

Daftar Isi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Sistem Informasi

Pendekatan Perancangan Terstruktur Sistem Informasi

Abstraksi, Struktur dan Model Basis Data