Data dan Basis Data


Hasil gambar untuk data dan basis data

Di artikel kali ini saya akan membahas apa hubungan data dengan basis data berdasarkan hubungan buku dan rak buku. 

Kita misalkan data itu sama seperti buku dan basis data itu sama seperti rak buku. Seperti yang kita ketahui buku adalah sumber pengetahuan yang berisi informasi-informasi penting dalam bentuk fisik bagi orang yang membutuhkannya, sedangkan data berisi informasi-informasi penting dalam bentuk digital bagi orang yang membutuhkannya. Buku dan data tidak berbeda jauh, mereka sama-sama memiliki informasi-informasi penting untuk kita, dan semakin banyak buku atau data yang kita punya, maka semakin kita membutuhkan tempat untuk menyimpannya agar kita mudah untuk menemukannya jika suatu saat nanti kita membutuhkannya, seperti halnya rak buku yang berguna untuk menyimpan berbagai macam buku di satu tempat agar kita mudah menemukannya jika kita ingin membaca buku-buku tertentu, sama halnya dengan basis data. Menurut saya basis data berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data di satu tempat untuk memudahkan kita mencari data-data tertentu untuk kepentingan tertentu.

Dengan kata lain data adalah barang penting dan basis data adalah brangkas untuk menyimpannya, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada tempat untuk menyimpan begitu banyak data? Pasti data-data tersebut akan ‘berceceran’ dimana-mana dan kita akan sulit menemukan data yang kita inginkan diantara banyaknya data tersebut. Dengan adanya basis data, data-data yang kita miliki bisa ‘tersusun rapi’ dan kita bisa mencari data yang kita inginkan dengan mudah.

Demikian penjelasan singkat tentang hubungan data dan basis data, saya minta maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penjelasan saya diatas karena ini murni pendapat saya, sekian dan terima kasih karena sudah membaca artikel saya ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Sistem Informasi

Pendekatan Perancangan Terstruktur Sistem Informasi

Abstraksi, Struktur dan Model Basis Data