Peran Basis Data di Bidang Industri dan Komponen Pendukungnya

Artikel saya kali ini akan menjelaskan tentang peranan basis data di bidang industri dan komponen-komponen pendukungnya, langsung saja lihat penjelasan saya dibawah ini

Di era modern saat ini tentu kita harus mengikuti perkembangan zaman akan kemajuan teknologi saat ini, contohnya basis data. Basis data sangat diperlukan di era ini, kenapa? karena di era ini manusia tidak pernah terlepas dari teknologi yang memerlukan basis data untuk bisa berjalan dengan sempurna, salah satunya peran basis data di bidang industri.

Kendala-kendala ataupun masalah-masalah yang kita hadapi dulu sebelum adanya basis data akan terselesaikan saat ini juga, dulu manusia menyimpan data-data atau file-file perusahaan dalam bentuk kertas yang mudah rusak, tidak seperti sekarang dengan adanya basis data, data-data perusahaan tersebut akan tahan lama dan tidak cepat rusak.

Dari segi keamanan, basis data tidak akan mudah dicuri oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab karena perlu melewati suatu proses untuk melihat atau mengambil data-data tersebut, tidak seperti dulu, data-data perusahaan yang disimpan akan mudah dicuri, karena kurangnya keamanan dalam menjaga data-data tersebut.

Dan juga sekarang dengan adanya basis data, data-data perusahaan akan mudah ditemukan jika kita ingin menggunakannya karena data tersebut sudah tersusun secara rapi, tidak seperti dulu, data-data perusahaan ada yang tersusun rapi tapi kebanyakan ada juga yang tidak.

Komponen-komponen pedukung basis data :
1.  Hardware
     Hardware atau perangkat keras yang dimaksud di sini adalah perangkat komputer standar sebagai pendukung operasi pengolahan data yang terdiri dari CPU, disk, terminal, memori, dan lain-lain.
• Komputer Analog
• Komputer Digital
• Komputer Hybrid


2.  Operating System
     Software sistem operasi (OS) merupakan perangkat lunak yang bersifat opsional untuk memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya, serta melakukan operasi dasar pada sistem komputer. Contoh software OS yakni Windows 9x, Linux, Unix, Windows 2000/XP). Software OS harus kompatibel atau sesuai dengan software pengelola basis data yang digunakan.

3.  DBMS (Database Management System)
     Untuk memasukkan data ke dalam database atau sebaliknya, mengambil data dari database, dengan kata lain untuk mengelola basis data, diperlukan perangkat lunak yang disebut dengan  DBMS (Database Management System) atau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia sebagai Sistem Manajemen Basis Data.

4.  User
     Orang-orang yang memiliki otoritas untuk berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat akhir.

5.  Basis Data
     Yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih dari satu basis data.

6.  Software
     Perangkat lunak pelengkap yang mendukung bersifat opsional berfungsi sebagai aplikasi untuk mengelola database yang umumnya digunakan dalam pemrograman dan dianggap sebagai perangkat database high level.

Sumber :
1.  http://dedendiki25.blogspot.com/2015/06/peranan-database-di-berbagai-bidang.html
2.  https://www.dictio.id/t/apa-saja-komponen-yang-terdapat-di-dalam-sistem-basis-data/13138

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Sistem Informasi

Pendekatan Perancangan Terstruktur Sistem Informasi

Abstraksi, Struktur dan Model Basis Data